Posted By admin Posted On

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau yang disebut dengan BPKB merupakan salah satu buku berharga yang sering dipakai untuk jaminan saat meninjam uang. Buku ini sangat penting karena menjadi bukti kepemilikan yang sah.

www.suratresmi.net

Karena begitu pentingnya buku ini, dalam penggambilannya tidak boleh diwakilkan oleh orang lain selain pemilik. Hal ini kerap menjadi masalah ketika hendak pengambilan BPKB di tempat pegadaian. Lalu bagaimana jika pihak terkait tidak dapat mengambil secara langsung? Jawabannya adalah dengan menggunakan surat kuasa pengambilan BPKB.

Surat kuasa pengambilan BPKB merupakan salah satu contoh surat resmi yang digunakan beberapa orang yang memiliki halangan melakukan suatu janji atau kesepakatan untuk memberi wewenang prang lain menggantikan posisinya. Misalnya saja surat kuasa pengambilan hak, surat kuasa penggantian diri, atau surat kuasa pengambilan BPKB.

Mungkin Anda merasa tidak perlu belajar membuat surat kuasa karena ada banyak contoh surat yang bisa ditiru. Namun untuk berjaga-jaga di kondisi mendesak ada baiknya jika Anda harus tau cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB.

Cara mudah membuat surat pengambilan BPKB dimulai dengan menentukan pihak pertama dan pihak kedua. Tentunya pihak pertama adalah orang yang akan memberi wewenangnya, sedangkan pihak kedua adalah orang yang akan diberi wewenang.

Selanjutnya beri detail barang yang akan diambil. Detail barang merupakan salah satu bagian yang penting karena menyangkut barang berharga yang akan diambil. Untuk membuat pihak kedua memahami barang yang akan diambil, pastikan semua keterangan barangnya jelas.

Misalnya saja jika barang tersebut BPKB berarti Anda harus menyertakan detail seperti atas nama BPKB, merk kendaraan, warna, nomor rangka, nomor mesin, CC, tahun pembuatan, dan nomor polisi. Anda bisa melihat semua detailnya pada STNK atau keterangan lainnya.

Langkah selanjutnya beri keterangan bahwa pihak pertama memberi wewenang kepada pihak kedua untuk mengambil barang yang dimaksud. Anda juga bisa menambahkan keterangan lainnya jika perlu diwaspadai misalnya memberikan tambahan untuk membatasi pihak kedua melakukan hal-hal lain di luar kewenangan yang diberikan.

Terakhir, tanda tangani surat tersebut di atas materai untuk memperkuat pernyataan surat pemberian wewenang kepada pihak kedua. Dan kemudian tanda tangan tanpa materai untuk pihak kedua atau yang diberi wewenang. Mudah kan?

Untuk mempermudah proses pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB, Anda bisa melihat contoh surat pengambilan BPKB yang banyak digunakan. Selamat mencoba!

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *