Posted By admin Posted On

faktor penyebab ikan cupang kamu tidak bahagia

Jenis ikan cupang ada banyak. Akan tetapi meskipun memiliki jenis yang beda, ikan yang juga dipanggil ikan betta ini umumnya memiliki sifat yang sama yaitu mudah merasa tidak bahagia. Di sini, akan dibahas lebih dalam mengenai apa saja faktor penyebab ikan kamu tidak bahagia. Apa saja?

www.penjualcupang.com

Stres

Ikan cupang tidak bahagia bisa disebabkan karena stres. Ikan hias, umumnya memang mudah stres. Jika ikan kamu dihadapkan pada stresor terus menerus, mereka akan lebih mudah kehilangan warna cerah mereka.

Kamu juga bisa melihat strip-strip yang menandakan ikan kamu sedang merasakan stres tinggi. Strip stres ditandai dengan garis berwarna gelap yang membentang secara horizontal pada tubuh ikan betta dan warna sirip ikan putih pucat.

Sakit

Penyebab lain cupang menunjukkan tanda-tanda tidak bahagia disebabkan karena ia sakit. Ada banyak sekali penyakit yang mungkin menyerang ikan. Tidak terkecuali ikan cupang.

Biasanya jenis ikan cupang bisa dengan mudah terserang mikroorganisme patogen. Jenis patogennya juga banyak bisa bakteri, fungi atau virus. Untuk menghindari penyakit ini, sering mengganti air bisa dilakukan.

Karena filter

Ikan cupang adalah ikan yang gemar berenang. Akan tetapi filter air yang terlalu kuat akan membuat ikan stres dan sulit berenang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyeting filter aquarium kamu ke batas rendah.

Karena nutrisi makanan

Makanan adalah salah satu favorit dari ikan cupang. Jika ikan cupang kamu sehat dan bahagia, ikan cupang akan memiliki nafsu makan yang besar.

Tapi bukan hanya makan banyak, sebagai ikan karnivora, cupang membutuhkan protein yang tinggi untuk bisa hidup dengan normal. Oleh karena itu, pastikan kamu mengerti mengenai nutrisi makanan yang kamu berikan.

Pastikan juga makanan yang kamu berikan padanya juga bervariasi. Tujuannya adalah untuk menjaga nafsu makannya. Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa ukuran perut dari ikan ini cukup kecil. Jadi jangan memberikan makan berlebihan padanya.

Cupang akan memakan semua makanan yang diberikan padanya. Meski begitu jika ia terus makan bukan berarti dia sedang sangat kelaparan. Ini disebabkan karena insting liar dari hewan ini dimana makanan tidak selalu ada.

Nah, terakhir, pastikan kamu menghias akuarium mereka dengan ragam jenis hiasan. Jika kamu tidak memberikan hiasan bervariasi, ikan kamu bisa merasa bosan. Hal ini disebabkan karena jenis ikan cupang memang mudah bosan.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *